Ruqyah Syar'iyyah

0
Deskripsi Ruqyah
Menurut Qamus Lisanul ’Arab Ruqyah adalah : penjagaan dan perlindungan.
Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyah ruqyah syar’iyyah adalah : penjagaan terhadap orang yang sakit dengan membaca ayat Al-Qur’an, asma’ wa shifat disertai dengan do’a-do’a yang lain dengan menggunakan bahasa arab – atau bahasa yang dapat dimengerti – dan (kadang) disertai dengan tiupan untuk menghilangkan penyakit.


Dalil Tentang Ruqyah Syar’iyyah
Dalil Al-Qur’an : QS. Al-Isra’ : 82 ;
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلا خَسَارًا (82)
“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”
Dalil hadits, Dari Ibnu Abbas r.a bahwasanya Rasulullah meruqyah Hasan dan Husain dengan doa : (Saya  minta  perlindungan untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna  dari (kejahatan) syetan dan binatang berbisa, serta dari pandangan mata yang jahat (yang mengakibatkan  sakit). (HR. Bukhori No. 3371)


Manfaat Ruqyah
Sebagai penjagaan diri dan pengobatan.
Terapi semua penyakit dan keluhan (sebaiknya ruqyah mandiri)
Terapi untuk gangguan fisik dan non fisik (jiwa)
Terapi untuk gangguan medis dan non medis (gangguan jin dan syaithan)
Perkataan Ulama’
Syeikh Abdurrahman As-Sa’di berkata: “Al-qur’an mengandung kesembuhan  yang  sifatnya  hati  (non  fisik)  dan  penyakit badan (fisik).
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menuliskan tentang pengaruh ruqyah : “Dengan ruqyah hati menyadari akan fungsinya yang utama yaitu mengenal Tuhan Penciptanya. Pengenalan ini akan membangkitkan harapan akan kesembuhan penyakit yang diderita, karena sudah meyakini akan kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya. Keyakinan akan kemurahan Allah, pada gilirannya akan memperkuat ketahanan tubuh dan seluruh jaringan tubuh akan terangsang untuk menolak penyakit yang telah menimpa dirinya.”


Pengaruh Ruqyah
- Pengaruh terhadap fisik
Mengobati penyakit 'ain
Terapi terhadap semua keluhan (penyakit)
Mengobati sengatan binatang berbisa dengan Al-Fatihah
Terapi terhadap sengatan kalajengking
Terapi terhadap penyakit semut.
Terapi sengatan ular
Mengobati penyakit dan koreng dan luka
Terapi untuk anggota tubuh yang sakit

- Pengaruh terhadap jiwa
Menyejukkan hati
Penyembuh bagi kemurungan dan kesedihan
Terapi penyakit gila (gangguan jiwa)


Fakta ilmiah ; terapi suara dan biofisika
Setiap satuan atom itu bergetar dalam frekuensi tertentu, apakah atom itu adalah bagian dari metal, air, sel, atau apapun.
Setiap sel melakukan pekerjaannya secara seksama. Penyimpangan terkecil pada pekerjaannya dapat mengakibatkan ketidak-seimbangan dan kekacauan pada sebagian organ tubuh. Terapi terbaik terhadap ketidak-seimbangan ini adalah merestorasi keseimbangan kepada tubuh. Para ilmuwan menemukan bahwa sel-sel tubuh itu terpengaruh oleh bermacam-macam gelombang seperti gelombang sinar, gelombang radio, GELOMBANG SUARA, dan lain-lain.
SUARA adalah getaran, dan sel-sel tubuh itu selalu bergetar, lalu suara mempengaruhi sel-sel tersebut.
Suara terdiri dari getaran-getaran mekanik yang sampai ke telinga lalu ke sel-sel otak yang menyesuaikan dengan getaran-getaran tersebut, dan mengubah getarannya sendiri. Itulah mengapa suara itu dianggap sebagai energi obat yang efektif, tergantung pada sifat suara itu dan frekuensinya. KITA MENEMUKAN ENERGI PENYEMBUH DI DALAM AL-QUR’AN KARENA IA MERUPAKAN KITAB ALLAH.
Tubuh manusia 70 % adalah air, maka suara yang didengar manusia itu mempengaruhi keteraturan molekul-molekul air pada sel-sel tubuh, dan juga mempengaruhi molekul-molekul itu bergetar, sehingga dapat mempengaruhi kesehatannya.
Suara-suara tertentu yang lebih efektif dan memiliki kekuatan penyembuh, khususnya dalam meningkatkan sistem kekebatan tubuh.
Virus dan kuman juga bergetar dan sangat terpengaruh oleh vibrasi suara, khususnya suara bacaan Al-Qur’an.
Gambaran riil sel darah yang dihadapkan pada suara sehingga medan elektromagnetik di sekitarnya berubah.